Genset

5 Cara Mudah Merawat Genset Diesel

, Author

Merawat genset dirasa perlu untuk menjamin keawetannya. Terutama untuk genset diesel yang mesinnya bekerja lebih keras dibandingkan mesin berbahan bakar bensin. Harga genset diesel yang mahal akan membuat Anda lebih berhati-hati untuk merawat genset. Nah, jika Anda menggunakan genset berbahan bakar solar, berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat genset Anda. Check this out!

Pemeriksa Koneksi Kabel dan Listrik

Nah, Anda harus rajin melihat koneksi kabel pada genset,jangan sampai ada karatan. Karena hal ini bisa menghambat kinerja genset. Periksa juga apakah dinamo pada mesin sudah starting atau belum, hal ini diperlukan agar ketika lampu pada mesin dapat langsung bekerja mengaliri listrik.

Periksa Bahan Bakar

Ini tentu terpenting. Periksalah apakah bahan bakar sudah tersedia, jangan sampai mesin dihidupkan dalam keadaan tangki bahan bakarnya kosong. Anda juga harus rajin mengecek secara berkala apakah filter bahan bakarnya masih baik atau tidak, jika tidak maka segeralah ganti, karena ditakutkan bisa bocor sewaktu –waktu.

Periksa pelumas

Sebuah genset pasti perlu pelumas, oleh sebabnya Anda harus pastikan jika oli yang tersedia cukup untuk digunakan. Tingkat pengisian olinya diharapkan berada sekitar simbol fill di penanda dipstick. Jika berada dibawah itu, segera lakukan penambahan oli. Oli dan perangkat lainnya bisa Anda tanyakan ke suppliernya apakah mereka memiliki persediaanya atau tidak, bahkan Anda bisa menanyakan harga genset diesel juga.

Periksa sistem pembuangan

Hal ini diperlukan untuk mengecek apakah sisa – sisa pada saluran pembuangan gas atau emisi pada genset, Hal ini dibutuhkan untuk mencegah adanya pembuangan gas beracun yang berasal dari saluran pembuangan yang tidak dibersihkan. Selain itu, pemeriksaan saluran pembuangan ini akan membantu Anda sekaligus mengecek apakah pipa knalpot, muffler, dan bagian pembuangan lain masih bagus atau harus diperbaiki.

Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Sama seperti kendaraan, sebelum digunakan tentu ada baiknya dilakukan pemanasan bukan? Nah, genset diesel juga seperti itu. Lakukanlah warming up sekitar 10 menit sebelum digunakan mengaliri listrik. Lalu, ketika sudah selesai menggunakannya, lakukan cooling down selama 5 menit sebelum Anda mematikan mesin.

Nah, beberapa cara di atas bisa langsung Anda terapkan pada genset diesel Anda. Ingatlah, merawat akan lebih baik ketimbang memperbaiki. Karena biaya perbaikan bisa saja lebih mahal dan hampir seharga pembelian yang berarti Anda bisa saja mengeluarkan uang 2x lipat dari harga genset diesel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *