Politics

Pilpres 2019: Prabowo: “Saya Sowan ke Mbah Moen, Tidak Datang Minta Dukungan”

, Author

Dalam masa pilpres 2019 yang akan digelar dalam waktu dekat, kampanye dan sosialisasi yang dilakukan oleh para calon presiden dan wakil presiden memang seringkali membuat tanggapan baru bagi sebagian masyarakat. Bahkan, tidak heran jika kita banyak membaca dan menilai berbagai celotehan atas kegiatan yang dilakukan oleh para calon dari masyarakat ini di sebagian besar media sosial yang menjadi platform terbaik saat ini. Ada banyak sekali versi yang bisa Anda baca mengenai pendapat dari para pengguna apakah itu dalam hal positif ataupun negatif. Hal ini kemudian dirasakan oleh capres nomor 2, Prabowo Sugianto. Menurutnya, masyarakat wajar saja menyampaikan pendapat atas pandangannya terhadap capres dan cawapres.

Saat ditemui di kediaman KH Maimoen Zubair atau yang belakangan ini akrab disapa Mbah Moen, pada Sabtu (29/9), ia ternyata sedang berkunjung disana pada waktu itu. Sebelum mengkhawatirkan adanya kesalahpahaman dan boomerang yang ditujukan masyarakat untuknya, seolah ia langsung ingin memberitahukan bahwa tujuan dari kunjungannya ke kediaman Mbah Moen bukan untuk meminta dukungan kepada beliau. Ia mengatakan bahwa ulama harus ditempatkan di atas segala kepentingan, maka Prabowo sekaligus merasa jika kunjungannya dengan niat dan tujuan tersebut maka ia seperti tidak menghargai seorang ulama. Tidak terlihat dengan siapa Prabowo pada kunjungan yang dilakukannya secara tertutup ini.

Prabowo mengklarifikasikan beberapa hal saat menyampaikan sambutannya, “kedatangan saya untuk itu murni sowan”, ungkapnya. Ia ingin meminta doa dan restu kepada Mbah Moen yang merupakan salah seorang ulama yang paling berkharisma di Indonesia. Prabowo mengaku juga bahwa ini merupakan perjuangannya dengan ingin meminta doa restu. Ia juga terus mengulang kata mengenai seorang kia itu berada di atas segalanya, ia merasa tidak sopan jika harus meminta dukungan terutama pada Mbah Moen. “Jika itu murni saya tidak meminta dukungan, meski di dalam hati saya ingin dukungan darinya itu kan beda lagi”, tambahnya. Hal ini disampaikannya yang kemudian saat memberikan sambutan di hadapan para santri Ponpes Al-Anwar, Sarang.

Kedatangannya untuk menyapa Mbah Moen diakuinya sudah ingin dilakukan sejak lama, namun baru bisa terealisasikan sekarang. Bahkan, Prabowo mengakui juga bahwa ia ingin sekali melakukan sowan ini dengan cara diam-diam dan tidak ingin ada media dan pihak lain yang tau. Namun, ia merasa sangat terharu pada proses kunjungannya kemarin karena disambut dengan sangat hangat oleh para santri yang ada disana. “Saya merasa sangat haru sekaligus kaget saat disambut dengan sangat besar dan meriah oleh para santri”. Karena, kedatangannya kesana memang murni hanya ingin sekedar kunjungan pribadi untuk Mbah Moen, namun malah ia mendapatkan sambutan yang luar biasa. Prabowo pada akhir sambutan menyampaikan, jika kita ingin mendapatkan dukungan atas usaha kita yang besar, lebih baik kita datang kepada orang tua yang harusnya kita tuakan, yang juga kita hormati, dan juga orang tua yang bisa memberikan doa terbaiknya untuk kita. Maka, saya mengunjungi Mbah Moen untuk meminta doa pribadinya sekaligus restu untuk saya agar diterima dan menjadi presiden pada pilpres 2019 yang akan datang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *