Bangunan

Genteng Metal Berpasir Vs Genteng Keramik

, Author

Jika anda membangun sebuah hunian atau bangunan, tentu saja beberapa hal yang anda perhatikan. Salah satunya adalah jenis genteng yang akan digunakan. Keberadaan genteng ini sangatlah penting dimana akan melindungi anda dari terik matahari dan hujan. Ada berbagai jenis genteng yang bisa anda pilih. Salah satunya adalah jenis  genteng metal berpasir dan genteng keramik. Kedua jenis genteng sangat mudah sekali ditemukan pada berbagai macam toko properti. Keduanya banyak digunakan dalam berbagai macam bangunan.

Diantara kedua jenis genteng baik jenis genteng metal maupun keramik mempunyai beberapa perbedaan. Jika anda belum mengetahuinya, berikut ini adalah penjelasannya ya mengenai perbandingan antara jenis genteng metal berpasir dan genteng keramik.

Genteng metal berpasir

Jenis genteng pertama adalah jenis genteng metal berpasir. Jenis genteng ini merupakan jenis genteng yang terbuat dari bahan material besi dan campuran galvalum yang mana terkenal sangat awet dan tahan lama. Jenis genteng ini banyak digunakan pada berbagai macam jenis perumahan dan bangunan yang berada di perkotaan pada saat ini. Genteng jenis metal berpasir ini mempunyai wujud lembaran yang mana satu lembaran tersebut berisi 4 genting  yang bergabung menjadi satu. Cara pemasangannya adalah dengan menempelkan pada fondasi dengan  menggunakan sekrup.

Ukuran genteng jenis metal ini bervariasi. Selain itu bobotnya tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan jenis genting yang lainnya. Genting metal mempunyai bahan yang sangat dan juga anti karat. Genteng ini bisa bertahan kurang lebih 20-30 tahun lamanya.

Salah satu keunggulan dari genting metal adalah harganya yang murah. Selain itu , bahannya sangat kuat dan anti terhadap bocor. Sedangkan kekurangannya adalah terkadang menimbulkan hawa panas dan akan berbunyi berisik jika terkena hujan

Genteng keramik

Jenis genteng kedua adalah genteng keramik. Genteng keramik sering juga dijadikan pilihan karena dengan memasangnya pada atap rumah akan membuatnya lebih terlihat mewah dan elegan. Berbeda dengan jenis genting metal, genteng keramik ini sedikit sulit cara pemasangannya karena membutuhkan fondasi khusus dan kuda – kuda yang sangat kuat sekali. Selain itu, biaya yang dikeluarkannya pasti juga cukup mahal.

Keunggulan dari jenis genteng keramik ini adalah dimana jenis genteng ini sangat tahan lama dan bebas karat. Selain itu, lebih dingin apabila diterapkan di dalam rumah. Sedangkan kekurangan dari jenis genteng keramik ini adalah apabila bocor, genteng tidak bisa ditambal dan juga mudah pecah.

Nah, itu tadi adalah perbandingan antara jenis genteng metal berpasir dan jenis genteng keramik. Sekarang pastinya anda sudah bisa membedakan keduanya, kan? Pilihlah saja diantara kedua jenis genteng tersebut untuk diaplikasikan pada bagian atap rumah anda agar terlihat nampak lebih cantik, indah dan menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *